Tips Menata Meja Kerja agar lebih produktif

Pernahkah memperhatikan berapa jam dalam sehari anda duduk menghadap meja kerja? Untuk beberapa jenis profesi, bisa duduk menghadap meja kerja lebih dari 5 jam dalam sehari. Meja kerja merupakan lingkungan terkecil kita dalam kantor. Kita bisa membuat lingkungan terkecil tersebut untuk mendukung pekerjaan.

Suasana meja kerja bisa mempengaruhi mood dan kreatifitas kita dalam menyelesaikan tugas-tugas yang menumpuk. Sehingga secara tidak langsung juga berpengaruh ke produktifitas kita di kantor. Mood kita dalam bekerja bisa rusak bila meja kerja kita berantakan, belum lagi banyak dokumen yang diperlukan menjadi susah ditemukan. Suasana meja kerja yang segar juga bisa menghalau kebosanan dalam rutinitas pekerjaan di kantor.

Alangkah bijaknya jika anda sebagai manager selalu mengingatkan anggota tim untuk senantiasa merapikan meja kerja mereka karena dengan demikian produktifitas tim bisa meningkat. Beberapa tips berikut bisa anda aplikasikan untuk menyegarkan suasana meja kerja.

Berikut beberapa tips untuk menata meja kerja agar produktifitas kita bisa meningkat:

  1. Atur dokumen dengan sitematis. Simpanlah dokumen dalam wadah yang sudah diberi lebal. Anda bisa memberi label sesuai dengan prioritasnya atau sesuai dengan project atau bisa dengan penggolongan lain yang sesuai. Simpan dokumen-dokumen tersebut di lokasi tertentu.
  2. Simpan peralatan kantor dengan rapih. Simpanlah peralatan kantor pada tempat spesifik sehingga ketika anda mencarinya tidak perlu mengaduk-aduk seluruh isi laci. Anda bisa menggunakan kertas karton yang dilipat sebagai pemisah antar jenis alat kantor.
  3. Kembalikan ke tempat semula. Setiap kali anda selesai menggunakan peralatan kantor atau dokumen biasakan untuk selalu mengembalikan ke tempat semula. Kebiasaan sederhana ini sangat efektif untuk menjaga kerapihan meja kerja anda.
  4. Bersihkan computer. Simpan file-file pada computer anda dalam folder-folder. Beri nama file dan folder dengan nama yang menggambarkan isinya agar mudah saat mencarinya. Biasakan untuk menyimpan file dan folder dokumen dalam folder ‘my documents’ agar mudah saat back-up. Buang file dan email yang sudah tidak terpakai.
  5. Simpan kartu nama. Segera simpanlah kartu nama pada folder kartu nama sesuai index abjadnya. Pilihlah folder kartu nama yang memiliki index sesuai abjad sehingga mudahkan dalam pencarian. Anda juga bisa simpan data kartu nama tersebut dalam daftar contact di computer atau gadget. Bila menyimpan data contact di lebih dari 2 tempat, biasakan untuk rutin melakukan sinkronisasi agar kesemuanya up-to-date.
  6. Segarkan dengan bunga. Segarkan ruangan anda dengan hadirnya bunga-bunga cantik dalam bentuk rangkaian Bunga Meja yang mungil dan menarik. Rangkaian Bunga Meja ini dapat menemani saat-saat anda beraktifitas sambil menjaga mood selalu dalam keadaan positif. Pilihlah bunga meja dari artificial flower karena keindahannya tahan lama dan tidak repot merawatnya. Serta dengan artificial flower meja kerja anda terhindar dari resiko basah. Selain itu dengan artificial flower lebih aman bagi anda yang memiliki alergi terhadap serbuk bunga. Luangkan waktu sejenak untuk memilih bunga meja dari online florist yang siap mengirimkan ke kantor anda.
  7. Hiasi Meja & dinding. Pajang pernik-pernik yang membuat anda senang dan bersemangat kerja, tidak terkecuali yang bersifat pribadi. Tapi, ingat, jangan berlebihan. Kalau anda tempatkan di atas meja, jangan sampai pernik-pernik itu memenuhi meja dan mengganggu keleluasaan anda dalam bekerja. Anda juga bisa menghias dinding pembatas meja kerja. Isi dengan foto-foto lucu si kecil atau foto saat liburan. Agar lebih cantik dan rapi, temple foto tersebut pada karton hitam.
  8. Rapikan meja sebelum pulang. Bisa jadi perusahaan sudah menyediakan office boy yang siap merapihkan kantor. Tapi yang paling tahu mengenai barang-barang di meja anda adalah anda sendiri. Dengan merapihkan sendiri meja kerja, anda bisa mencegah meletakkan barang pada tempat yang salah sehingga sulit ditemukan saat diperlukan.

Tugas-tugas yang menumpuk di kantor bukan halangan bagi anda untuk memperhatikan kenyamanan dan kerapihan meja kerja. Jika meja kerja rapih dan nyaman maka mood yang positif, semangat dan kreatifitas akan muncul sehingga produktifitas akan meningkat.

Penulis: roncekembang florist

About these ads
This entry was posted in Tips. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s